ENVIROMENTAL PROTECTION

& CONSERVATION

Dislhsu: Geopark Kaldera Toba

Geopark Kaldera TobaSitus Keanekaragaman Hayati Sumatera Utara

Kebon Raya Samosir, Kebun Raya Samosir (KRS) merupakan kebun raya daerah yang memiliki tujuan untuk mengkonservasi tumbuhan dataran tinggi Sumatera khususnya Tapanuli. Kebun raya yang berlokasi di Desa Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir. Pada survey awal tahun 2008 dijumpai 75 jenis tumbuhan, dari 75 jenis, 4 jenis diantaranya merupakan jenis Anggrek, 5 jenis merupakan tumbuhan paku, dan 2 jenis merupakan tumbuhan air.

Kebun Raya Samosir sendiri beberapa kali telah menemukan spesies-spesies tanaman menarik seperti Anggrek Tien Soeharto) yang dijumpai di habitat alaminya di Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Anggrek ini termasuk anggrek endemic yang langka karena hanya dapat dijumpai di Sumatera Bagian Utara itupun hanya di dataran tinggi.

Rafflesia Meijerii, jenis ini merupakan salah satu jenis rafflesia yang ukurannya kecil, ditemukan pertama kali di TWA Sicike-Cike tahun 2005 dan berhasil diidentifikasi keberadaannya di Kabupaten Samosir pada tahun 2010.

Taman Eden 100, sebuah taman konservasi anggrek yang pertama. Taman konservasi anggrek khas Toba ini diresmikan pada Sabtu, 14 Pebruari 2009. Pada tahap pertama sudah mengumpulkan dan memamerkan 100 jenis anggrek hutan dari perbukitan Taman Eden 100 di Kecamatan Lumban Julu.

Pada area Taman Eden 100 terdapat gua kelelawar yang dihuni oleh ribuan kelelawar. Taman Eden 100 memiliki flora yang sangat indah, seperti anggrek, kantong semar, dan tumbuhan asli lainnya, bahkan jenis anggrek yang langka di dunia ada disini. Taman Eden 100 memiliki fauna yang  sangat beragam jenis, seperti burung, kelinci sumatera, dan harimau sumatera.

Please follow and like us:
Updated: 21 March 2017 — 4:35 am
DINAS LINGKUNGAN HIDUP PROVSU. © 2018