ENVIROMENTAL PROTECTION

& CONSERVATION

Dislhsu: BANK SAMPAH

bank_sampahFilosofi dasar ditetapkannya Undang-Undang RI Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah adalah bagaimana cara memandang sampah sebagai sesuatu yang punya nilai guna dan manfaat, sehingga timbul istilah “dulu sampah sekarang berkah“.

Bank Sampah adalah salah satu strategi penerapan 3R dalam pengelolaan sampah ditingkat masyarakat. Pelaksanaan Bank Sampah pada prinsipnya adalah satu rekayasa sosial untuk mengajak masyarakat memilah sampah. Mengajak masyarakat memilah sampah adalah pekerjaan yang sangat sulit karena menyangkut kebiasaan, budaya dan ketidakpedulian masyarakat yang rendah. Solusi Inovatif untuk memaksa masyarakat memilah sampah adalah melalui Bank Sampah dengan menyamakan sampah serupa uang yang dapat ditabung.

Visi Bank Sampah, (1)Menunjang pengelolaan Sampah sesuai amanat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah; (2)Terwujudnya Bank Sampah yang mandiri untuk membangun ekonomi kerakyatan serta lingkungan yang bersih dan hijau sehingga tercipta masyarakat yang sehat.

Misi Bank Sampah, (1)Mengurangi jumlah timbulan sampah; (2)Mendayagunakan sampah menjadi barang bermanfaat sehingga mempunyai nilai ekonomi dan potensi yang produktif dan bermanfaat bagi masyarakat; (3)Merubah perilaku masyarakat dalam pengelolaan samapah secara benar dan ramah lingkungan; (4) Menciptakan lingkungan yang bersih dab sehat; (5) Menciptakan lapangan pekerjaan.

 

Please follow and like us:
Updated: 2 March 2017 — 2:33 pm
DINAS LINGKUNGAN HIDUP PROVSU. © 2018