ENVIROMENTAL PROTECTION

& CONSERVATION

“SIGN SMART” Sarana Inventarisasi GRK Daerah

3_proklimKita ketahui bersama bahwa Indonesia sangat rentan terhadap dampak perubahan iklim, dimana sebagai negara kepulauan dan kegiatan ekonomi masyarakat bertumpu pada sumber daya alam. Untuk itu perlu adanya upaya untuk melakukan Mitigasi dan Adaptasi agar masyarakat siap menghadapi dampak yang terjadi akibat perubahan iklim. Indonesia diharapkan berperan aktif dalam penurunan emisi gas rumah kaca (GRK).

Upaya Adaptasi dan Mitigasi terhadap perubahan iklim yang merupakan urusan yang mendapat perhatian utama pemerintah dan masuk dalam program prioritas nasional, hal ini telah tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 71 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Inventarisasi Gas Rumah Kaca Nasional.

Inventarisasi emisi GRK harus disegerakan dalam pelaksanaannya, sehingga diperlukan koordinasi antar pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah.

2_proklimPemantauan dan evaluasi secara berkala diperlukan untuk mengetahui perkembangan pelaksanaan upaya penurunan emisi GRK di daerah. Inventarisasi GRK di daerah bertujuan untuk menyediakan informasi secara berkala mengenai tingkat, status dan kecenderungan perubahan emisi GRK, serta informasi pencapaian penurunan emisi GRK dari kegiatan Mitigasi terhadap perubahan iklim. Untuk itu kegiatan ini bertujuan meningkatkan SDM dan peran Pemerintah Kab./Kota dalam melakukan perhitungan emisi GRK khususnya sektor limbah padat dan cair domestik dengan menggunakan aplikasi SIGN SMART.

Please follow and like us:
Updated: 14 September 2017 — 1:54 pm
DINAS LINGKUNGAN HIDUP PROVSU. © 2018