ENVIROMENTAL PROTECTION

& CONSERVATION

Medan 27 & 28 September 2018: BIMTEK Implementasi PERMEN LHK RI Nomor P.68/Menlhk/Setjen/Kum.1/8/2016

IMG-20181001-WA0012Tujuan pelaksanaan Bimbingan Teknis ini adalah mensosialisasikan Permen LHK RI Nomor P.68/Menlhk/Setjen/Kum.1/2016 kepada para pelaku usaha dan atau kegiatan serta Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Sumatera Utara, sebagai upaya peningkatan kapasitas dan pemahaman semua pihak yang hadir dibidang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup khususnya pengelolaan dan pengolahan air limbah domestik.

IMG-20181001-WA0010Bimtek ini menghadirkan narasumber dari  Kementerian Negara Lingkungan Hidup & Kehutanan RI yang memberikan pemaparan terkait regulasi lingkungan hidup; dari Universitas Sumatera Utara memberikan pemaparan terkait teknologi pengolahan air limbah domestik; sedangkan dari Dinas PUPR Kabupaten Bekasi, berbagi pengalaman dalam pengelolaan dan pengolahan air limbah domestik di Kab. Bekasi.

Salah satu permasalahan lingkungan hidup saat ini yang patut menjadi perhatian serius adalah air limbah yang dihasilkan dari beragam kegiatan dan atau usaha disektor domestik (Rumah Tangga, Perkantoran, Perumahan, Hotel, Rumah Sakit, Restoran, Industri,…). Air limbah yang tidak dikelola dengan baik dan benar lambat laun akan berdampak buruk bagi media lingkungan hidup terutama sumber-sumber air seperti sungai, danau, dan air tanah.

IMG-20181001-WA0011Pengelolaan dan pengolahan air limbah domestik dimaksudkan untuk meminimalkan pencemaran terhadap media lingkungan hidup. Dalam peraturan tersebut dijelaskan bahwa baku mutu air limbah domestik berlaku bagi IPAL Domestik dalam lingkup tanggung jawab pelaku usaha dan atau kegiatan maupun pemerintah. Terbitnya peraturan ini bertujuan untuk memberikan acuan kepada:

  • Pemerintah daerah provinsi dalam menetapkan baku mutu air limbah domestik yang lebih ketat;
  • Pemerintah pusat, pemerintah daerah provinsi, dan pemerintah daerah kabupaten/kota, dalam menerbitkan izin lingkungan, SPPL dan atau izin pembuangan air limbah;
  • Penanggung jawab usaha dan atau kegiatan dalam menyusun perencanaan pengolahan air limbah domestik, dan penyusunan dokumen lingkungan hidup.

Akhir dari kegiatan ini ditutup dengan penandatangan Nota Kesepakatan Bersama sebagai bentuk komitmen semua pihak yang hadir, dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di Sumatera Utara menjadi lebih baik.

 

Please follow and like us:
Updated: 1 October 2018 — 3:40 am
DINAS LINGKUNGAN HIDUP PROVSU. © 2018