ENVIROMENTAL PROTECTION

& CONSERVATION

Forum OPD “Penyusunan Renstra Dinas Lingkungan Hidup Prov. Sumut 2019 – 2023”

Kegiatan ini sangat perlu dilakukan mengingat dokumen renstra akan menjadi pedoman dalam penyusunan dokumen tahunan dan sebagai alat koordinasi seluruh stakeholder, menuntun arah, meminimalkan ketidakpastian serta sebagai alat untuk menilai kinerja pemerintah daerah.

Kebutuhan terhadap ketersediaan rencana pembangunan daerah yang adaptif, aspiratif dan mampu menjadi rujukan pelaksanaan pembangunan di daerah, menjadi semakin penting dalam era otonomi daerah. Rencana pembangunan daerah disusun tidak hanya berdasarkan potensi, unggulan dan kemampuan yang dimiliki masing-masing daerah, tapi juga harus mampu bersinergi dengan rencana pembangunan nasional.

Saat ini Pemerintah Provinsi Sumatera utara mempunyai komitmen yang kuat untuk mewujudkan dokumen perencanaan yang transparan, akuntabel, aspiratif, tepat dan terarah. Karena itu penyusunan renstra dinas lingkungan hidup provinsi sumatera utara periode 2019 s/d 2023 ini harus dapat memberikan gambaran jelas Visi dan Misi, tujuan, sasaran, strategi serta arah kebijakan pembangunan yang telah kami janjikan kepada masyarakat.

Visi dan Misi tersebut masih sangat makro dan belum bersifat operasional, sehingga harus diturunkan atau dijabarkan lebih lanjut ke dalam tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, indikator kinerja, program prioritas dan kegiatan pendukungnya.

Perumusan tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan sampai program prioritas tersebut bukanlah pekerjaan yang mudah. Perlu sinergi, kolaborasi, diskusi, yang melibatkan banyak pihak serta proses-proses panjang lainnya termasuk agenda pada hari ini yaitu forum perangkat daerah penyusunan Renstra Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara periode tahun 2019 s/d 2023.

Forum ini diharapkan memberikan kontribusi pemikiran dalam penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan penyepakatan isu strategis, strategi dan kebijakan pelayanan, program dan kegiatan serta indikator kinerja perangkat daerah untuk 5 (lima) tahun mendatang.

Diharapkan dari tujuan dan sasaran yang akan ditargetkan 5 tahun kedepan dapat berimplikasi nyata pada pembangunan Sumatera Utara dengan tagline “membangun desa, menata kota”.

Forum ini merupakan suatu tuntutan dalam pelaksanaan otonomi daerah sesuai UU No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan UU No.25 Tahun 2004 tentang Sistem perencanaan pembangunan nasional.

Dalam membahas rancangan awal Renstra Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara periode tahun 2019 s/d 2023 diharapkan semua pihak dapat mensinergikan pencapaian target program dan kegiatan pembangunan daerah dengan pembangunan nasional serta mensinergikan dengan visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Utara. Berbagai program pembangunan daerah yang perlu diintegrasikan dengan kebijakan-kebijakan pembangunan yang menjadi kewenangan pemerintah pusat, supaya dikoordinasikan dengan Kementerian/Lembaga terkait.

Misi ke-5 Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara periode tahun 2019 s/d 2023 yang berbunyi “Mewujudkan Sumatera Utara yang bermartabat dalam lingkungan karena ekologinya yang terjaga, alamnya yang bersih dan indah, penduduknya yang ramah, berbudaya, berperikemanusiaan dan beradab”  berkaitan langsung dengan tugas pokok dan fungsi Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara. (Draft)

Please follow and like us:
Updated: 12 February 2019 — 8:40 am
DINAS LINGKUNGAN HIDUP PROVSU. © 2018