BIMTEK: Penerapan Pengelolaan IPAL Domestik Komunal Berbasis Masyarakat

Silahkan unduh panduan PUSTEKLIM di link ini http://dislh.sumutprov.go.id/pusteklim/

Konsep pengelolaan berbasis masyarakat (Community Based Management) saat ini dianggap sebagai konsep yang ideal dalam menjalankan program pembangunan infrastruktur sanitasi (penyehatan lingkungan) khususnya pengolahan air limbah domestik di wilayah perkotaan dan pedesaan.

Sekarang ini paradigma program pembangunan tidak lagi berorientasi pada target tetapi lebih kepada kebutuhan masyarakat. Masyarakat berperan langsung sebagai komponen pembangunan, setidaknya untuk skala kawasan, dan menjadi bagian dari keberlanjutan pengelolaan santasi.

Konsep ini menitikberatkan pada partisipasi masyarakat dalam setiap tahap, mulai dari perencanaan, pembangunan, operasional, dan pemeliharaan, sehingga diharapkan timbul rasa memiliki dari masyarakat terhadap fasiltas yang ada.

Kegiatan bimbingan teknis ini dihadiri oleh ASN Bidang Lingkungan Hidup dari Kabupaten/Kota dan ASN dari tingkat kecamatan. Pelaksanaan bimbingan teknis ini sebagai upaya memfasilitasi peserta ASN yang hadir agar memiliki kompetensi dasar dan pengetahuan yang memadai dalam bidang sanitasi/penyehatan lingkungan, demi mendorong pelaksanaannya didaerah dalam penerapan pengelolaan air limbah domestik dengan teknik-teknik dan manajemen yang lebih baik.

Berbagai pertimbangan, mulai dari mekanisme pemilihan teknologi IPAL domestik yang tepat, mekanisme dalam membangun pola kelembagaan, hingga pola partisipasi publik yang dapat diterima masyarakat yang bertujuan agar pengelolaannya dapat berjalan maksimal. Tentunya hal ini membutuhkan waktu yang tidak singkat dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang ada.

Disis lain, pemerintah dituntut dalam pencapaian target SDG’s (Sustainable Development Goals) pada tahun 2030 yakni sebesar 100% harus mampu mewujudkan akses sanitasi untuk penduduknya.

Berbagai penyesuaian dilakukan agar pelaksanaan pengelolaan sanitasi berbasis masyarakat ini dapat berjalan optimal yang bertujuan untuk penurunan beban pencemaran air dan tanah yang bermuara pada peningkatan kualitas lingkungan hidup menjadi lebih baik.

Please follow and like us: