Rapat Penyusunan Rencana Perlindungan & Pengelolaan Lingkungan Hidup

Dalam upaya mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan, keberlanjutan fungsi dan kelestarian  lingkungan hidup merupakan  hal yang sangat mendasar karena menopang produksi dan konsumsi sebagai penunjang kesejahteraan manusia. Memperhatikan kondisi dan kualitas lingkungan hidup yang semakin menurun, perlu dilakukan perencanaan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup secara cermat dan melibatkan seluruh pemangku kepentingan.

Persoalan lingkungan hidup tidak dapat diselesaikan dalam skala kegiatan saja, namun harus diawali pada tatanan perencanaan, dimana aspek daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup, kecenderungan penurunannya serta peningkatan konsumsi sumber daya alam menjadi pertimbangan utama.

Undang – Undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup mewajibkan pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota menyusun rencana perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang akan digunakan sebagai acuan dalam perencanaan pemanfaatan sumber daya alam dan perencanaan pemanfaatan ruang untuk 30 tahun mendatang. Undang – Undang nomor 23 tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah juga menegaskan bahwa penyusunan RPPLH merupakan urusan wajib pemerintah pusat dan daerah.

………

Please follow and like us: