Kementerian LHK: Pelaksanaan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2017

|KLHK|, Dalam perkembangannya, ternyata permasalahan sampah di Indonesia menjadi hal yang sangat kompleks, terutama terkait isu pencemaran sampah di laut. Isu pencemaran sampah di laut telah menjadi perhatian publik dan Pemerintah Indonesia sejak dipublikasikannya hasil penelitian Jambeck, Jena R., et.al, 2015 yang berjudul “Plastic waste inputs from land into the ocean” (www.sciencemag.org, February 12, 2015) yang menyatakan potensi sampah plastik yang ada di lautan indonesia mencapai 187,2 juta ton/tahun. Hasil penelitian ini pun menyatakan bahwa Indonesia menjadi negara kedua terbesar di dunia yang menyumbang sampah ke laut setelah Cina.

Di lain pihak, pemerintah secara konsisten terus mengembangkan sektor pariwisata serta infrastruktur transportasi penghubung antar kepulauan di Indonesia yang dikenal dengan Tol Laut. Kebijakan pembangunan ini harus ditunjang dengan kondisi lingkungan yang bersih dari sampah terutama di kawasan pesisir dan laut. Oleh karena itu, puncak Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2017 (HPSN 2017) ini akan berfokus pada aktivitas serempak berbagai pemangku kepentingan  di seluruh Indonesia dalam bentuk bersih-bersih pantai dan laut.

Namun demikian, tentu saja Peringatan HPSN 2017 tetap memberikan kesempatan kepada segenap pemangku kepentingan, baik Pemerintah daerah maupun kelompok masyarakat/komunitas/LSM se Indonesia untuk berpartisipasi menunjukkan kepeduliannya dalam beragam aktivitas peduli kebersihan meskipun tidak di kawasan pesisir dan laut. Hal ini sejalan dengan Tema Besar Peringatan HPSN 2017, yaitu “Melaksanakan Pengelolaan Sampah Terintegrasi dari Gunung, Sungai, Kota, Pantai, hingga Laut untuk mewujudkan Indonesia Bersih sampah 2020”.

Berikut ini Surat Edaran Menteri LHK, tentang HPSN 2017

 

Please follow and like us:
Updated: 21 March 2017 — 4:36 am
DINAS LINGKUNGAN HIDUP © 2021 Frontier Theme