ENVIROMENTAL PROTECTION

& CONSERVATION

Program Prioritas

Dalam mewujudkan visi & misinya Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara menetapkan Program Kerja Prioritas sebagai berikut:

  1. Program Pengendalian Pencemaran dan Perusakan Lingkungan Hidup

Bertujuan meningkatkan kualitas lingkungan hidup dalam upaya mencegah pencemaran dan perusakan lingkungan hidup baik di darat, perairan tawar dan laut, maupun  udara  sehingga masyarakat memperoleh  kualitas lingkungan yang lebih baik.  

  1. Program Perlindungan dan Konservasi Sumber Daya Alam

Bertujuan melindungi sumber daya alam dari kerusakan dan mengelola kawasan konservasi yang sudah ada untuk menjamin kualitas ekosisitem agar fungsinya sebagai penyangga sistem kehidupan dapat terjaga dengan baik. 

Target yang akan dicapai pada program perlindungan dan konservasi sumberdaya alam, yaitu terjaganya kualitas sumber daya alam berupa air, udara dan tanah sebagai media lingkungan hidup berikut upaya pemulihan dan penanggulangannya dengan melibatkan masyarakat.

  1. Program Peningkatan Kualitas dan Akses Informasi Sumberdaya Alam dan Lingkungan Hidup

Bertujuan meningkatkan kualitas dan akses informasi sumber daya alam  dan lingkungan  hidup  dalam rangka  mendukung perencanaan pemanfaatan sumber daya alam dan perlindungan fungsi lingkungan hidup.

Sasarannya adalah tersedianya data dan informasi sumber daya alam dan lingkungan hidup yang lengkap, akurat dan mudah diakses oleh semua pemangku kepentingan  dan masyarakat luas.

  1. Program Pengelolaan dan Rehabilitasi Ekosistem Pesisir & Laut

Bertujuan untuk mengelola dan memulihkan kembali sumber daya alam yang ada di pesisir dan laut.

  1. Program Pembinaan Lingkungan Sosial

Bertujuan melakukan pembinaan kepada masyarakat untuk ikut serta berperan aktif dalam usaha pengelolaan & perlindungan lingkungan hidup.

Program kerja harus memiliki sasaran strategis. Sasaran strategis yang telah ditetapkan pada Peraturan Gubernur Sumatera Utara Nomor 48 Tahun 2011, tentang Indikator Kinerja Utama dilingkungan Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara. Adapun sasaran strategis Dinas Lingkungan Hidup Provsu. adalah sebagai berikut:

  1. Menurunnya tingkat pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup dan terwujudnya lingkungan hidup yang bersih dan sehat, menuju masyarakat yang sejahtera;
  2. Tersedianya data dan informasi sumber daya alam (SDA) dan lingkungan hidup yang lengkap, akurat dan mudah diakses oleh semua pemangku kepentingan dan masyarakat luas.
DINAS LINGKUNGAN HIDUP PROVSU. © 2018